oleh

Kebutuhan Pangan di Kota Bandung Cukup Tinggi

SUARAMUDANEWS.com – Meski terjadi lonjakan harga komoditas kebutuhan pokok seperti cabai merah dan telur akhir-akhir ini, namun untuk stok pangan di Kota Bandung dipastikan aman hingga akhir 2020.

“Saat ini dan beberapa waktu ke depan untuk ketersediaan pangan atau ketahanan pangan masih dalam taraf yang relatif aman dan cukup. Bahkan hingga akhir tahun, terutama ketersediaan beras,” ungkap Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, pada dalam Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa (17/11/2020).

Ia mengungkapkan, kebutuhan pangan di Kota Bandung cukup tinggi. Namun di masa pandemi Covid-19 ini terjadi anomali dimana daya beli masyarakat tetap rendah meskipun telah diberikan stimulus bantuan riil.

Sementara itu, Gin Gin mengatakan, mayoritas kebutuhan bahan pokok di Kota Bandung memang dipenuhi dari luar daerah. Seperti, beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, ikan dan olahannya, sayur mayur, dan buah-buahan.

“Beras sebagaian besar masih dipasok dari wilayah Jawa Barat. Sedangkan telur mayoritas dipasok oleh wilayah Blitar dan Priangan Timur,” katanya.

Menurutnya, secara geografis Kota Bandung memang menguntungkan. Meski tidak memiliki lahan pertanian, Kota Bandung adalah Kota kolektif-distributif.

Komentar